Amerika Tuduh Tiongkok Gunakan Isu Corona Klaim Laut China Selatan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika menyebut China menggunakan permasalahan wabah Corona sebagai kedok untuk meningkatkan klaimnya di perairan Laut China Selatan. Paman Sam juga menyebut adanya lonjakan aktivitas angkatan laut Tiongkok untuk mengintimidasi negara-negara kawasan Laut China Selatan.

“Ada lonjakan aktivitas oleh Tiongkok di Laut China Selatan dengan kapal-kapal angkatan laut, kapal penjaga pantai dan milisi laut dari kapal penangkap ikan yang melecehkan kapal di perairan yang diklaim oleh Beijing,” kata Komandan militer Amerika Serikat, Kevin Schneider.

Ia memprediksi, Tiongkok akan terus meningkatkan aktivitasnya di Laut China Selatan. “Melalui krisis (COVID-19), kami melihat lonjakan aktivitas maritim,” tambahnya.

China mengatakan kegiatan maritimnya di perairan sengketa tidak ada masalah. Kedutaan besar China di Tokyo Jepang, sendiri belum memberikan pendapat.

Seperti diketahui Jepang menjadi pangkalan militer Amerika terbesar di Asia. Pasukan Amerika juga dikerahkan menjaga pengaruh China di dekat wilayah Jepang dan juga kawasan Laut China Selatan. (*)

BERITA REKOMENDASI