Akhirnya Amerika Ubah Tuduhan Terhadap China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, perlahan-lahan mulai mengubah pernyataannya terkait klaim teori tentang virus corona yang sempat disebut berasal dari laboratorium Institut Virologi Wuhan, China.

Dalam sebuah wawancara dengan media massa Breitbart yang disiarkan pada Sabtu (16/5) pekan lalu, Pompeo mengatakan, “Kami tahu (virus) itu dimulai di Wuhan, tapi kami tidak tahu dari mana atau dari siapa, dan itu adalah hal-hal yang penting”.

Selama beberapa pekan, Pompeo secara terbuka mendukung teori virus corona yang sudah menulari lebih dari 1.4 juta penduduk AS berasal dari Institut Virologi Wuhan. Dia juga mengklaim dalam sebuah wawancara di awal Mei bahwa ada sejumlah bukti besar untuk membuktikan hal tersebut.

Pompeo kemudian mengakui bahwa dia tidak bisa memastikan asal-usul virus dan tidak bisa membuktikan bahwa virus itu berasal dari sekitar laboratorium di Wuhan.

Selain Pompeo, Presiden AS Donald Trump juga mengklaim bahwa ia telah melihat bukti yang menghubungkan wabah virus corona dengan laboratorium di Wuhan.

Pemerintah China kembali menepis tudingan tersebut. Mereka menduga hal itu digunakan Trump meningkatkan peluang terpilih kembali dalam pemilihan presiden pada November mendatang. (*)

 

BERITA REKOMENDASI