Amy Winehouse Foundation Dirikan Panti Rehabilitasi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Yayasan amal peninggalan mendiang penyanyi Amy Winehouse, Amy Winehouse Foundation telah membuka sebuah panti rehabilitasi khusus wanita pecandu narkoba dan alkohol. Rumah rehabilitasi tersebut terletak di London dinamai Amy’s Place dimana bisa menampung sebanyak 16 orang.

Winehouse meninggal akibat keracunan alkohol pada bulan Juli 2011 silam di usia 27 tahun. Sepanjang hidupnya, iatelah lama berjuang melawan ketergantungan alkohol. Di samping karir musiknya yang cukup sukses, sisi gelap hidupnya sebagai pecandu alkohol juga menjadi konsumsi media.

Direktur proyek Amy Winehouse Foundation, Dominic Ruffy mengatakan, mereka termotivasi mendirikan Amy’s Place karena kurangnya fasilitas perawatan pecandu untuk wanita di Inggris. Kenyataannya di Inggris, pusat rehabilitasi khusus wanita memang sangat langka.

Namun pihak yayasan sama sekali tidak bermaksud menjadikan Amy’s Place sebagai pusat rehabilitasi, melainkan hanya sebagai tempat bagi para perempuan untuk mempermudah mereka kembali ke kehidupan normal setelah mejalani rehabilitasi. Amy’s Place diprogram untuk melatih para mantan pecandu agar tidak tertarik kembali mengonsumsi alkohol.

“Pengalaman kami menunjukkan jika Anda bersabat memberi orang (pecandu) waktu panjang berjuang, upaya penyembuhan yang baik akan membuat pecandu pulih dalam jangka panjang,” kata Ruffy. “Kami punya pepatah dalam pemulihan bahwa minuman (alkohol) dan obat-obatan pada dasarnya bukanlah masalah asal penggunaannya tepat,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI