Angela Merkel Mundur Dari Partai

Editor: Ivan Aditya

JERMAN, KRJOGJA.com – Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan tidak akan maju kembali dalam pemilihan umum mendatang. Dia juga memutuskan mundur dari kursi Ketua Umum Partai Uni Demokrat Kristen (CDU) yang sudah dijabatnya selama 18 tahun.

Merkel menyampaikan keputusan itu dalam rapat petinggi partai. Dia menyatakan tidak akan maju dalam konvensi digelar Partai CDU pada Desember mendatang. Meski demikian, Merkel menyatakan tetap ingin bertahan sebagai kanselir. Posisi itu sudah dijabatnya sejak 2005 lalu.

"Ini adalah masa jabatan terakhir saya sebagai kanselir. Saya juga tidak berniat maju menjadi anggota legislatif. Saya tidak akan mencari jabatan politik setelah masa pemerintahan saya berakhir pada 2021," kata Merkel.

Banyak pihak melihat hal ini adalah wujud melemahnya pengaruh Merkel di dalam partai. Pamornya sebagai kanselir juga dianggap semakin meredup.

Merkel menyatakan dia juga kecewa karena partainya kalah dalam pemilihan daerah di Negara Bagian Hesse dan Bavaria. Dia merasa sudah kehilangan kredibilitas sebagai pemerintah. Maka dari itu dia mengkritik koalisi partainya dengan Partai Sosial Demokrat (SDP). (*)

BERITA REKOMENDASI