Angin Topan Landa India

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Hujan deras dan angin kencang yang melanda India Timur memaksa lebih dari 1,2 juta orang mengungsi. Ini adalah kedua kalinya dalam sepekan India dihantam badai, di saat gelombang Covid-19 belum tertanganai.

Menurut para ilmuwan, perubahan iklim yang meningkatkan suhu laut membuat siklon semakin sering terjadi dengan bagian utara Samudra Hindia terdampak lebih parah. Minggu lalu, misalnya, Topan Tante merenggut sekitar 155 orang di India Barat. Belakangan, Topan Yaas juga memaksa lebih dari 1,2 juta penduduk di negara bagian Benggala Barat dan Odisha mengungsi.

Departemen Meteorologi India mengingatkan bahwa ketinggian gelombang di beberapa daerah akan melebihi atap rumah. Akibat badai ini, otoritas Benggala Barat memerintahkan agar bandara internasional di Kolkata ditutup. Setelah itu, otoritas Odisha juga menutup bandara di Bhubaneswar.

Sementara itu, baik Benggala Barat maupun Odisha tengah berjuang melawan gelombang kedua virus Corona. Dalam enam minggu terakhir, pandemi mengakibatkan lebih dari 120 ribu orang tewas di seluruh India. (*)

BERITA REKOMENDASI