Angkatan Laut Amerika Pecat Kapten Kapal Induk Theodore Roosevelet

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Angkatan Laut Amerika Serikat memecat Kapten Brett Crozier, komandan kapal induk tenaga nuklir Theodore Roosevelet yang terpapar virus corona.

Crozier telah dibebastugaskan sejak awal April lalu lantaran dianggap menyebarluaskan memo internal terkait situasi kapal induk yang terpapar Covid-19. Selain Crozier, Laksamana Muda Stewart Baker juga mengalami nasib yang sama.

Michael Gilday, kepala operasi AL AS mengatakan Crozier dan Baker dipecat setelah dianggap bersalah dalam menangani wabah corona yang menginvasi kapal pada Maret lalu.

“Setelah meninjau kembali tindakan Laksamana Baker dan Kapten Crozier, mereka tidak melakukan cukup upaya yang sesuai dengan kewajiban utama mereka untuk menjaga 5.000 awak kapal (dari terinfeksi virus),” ujar Gilday.

Keputusan pemecatan Crozier diumumkan setelah melalui proses penyelidikan selama dua bulan. Angkatan Laut AS memutuskan Crozier tidak bisa kembali bekerja untuk kapal induk Theodore Roosevelt. Selain itu, ia juga dianggap tidak memenuhi syarat untuk bekerja sebagai kapten kapal lainnya.

Sedangkan Baker akan menghadapi penundaan promosi jabatan untuk menunggu hasil peninjauan lebih lanjut. (*)

BERITA REKOMENDASI