Antibodi Penangkal Corona Ditemukan

Editor: Ivan Aditya

BELANDA, KRJOGJA.com – Antibodi pencegah infeksi SARS di sel manusia ternyata bisa memblokir infeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19. Kini antibodi tersebut sudah ditemukan oleh peneliti dari Belanda.

Penelitian yang dilakukan Universitas Utrecht dan Erasmus Medical Center and Harbour BioMed (HBM) ini sudah melalui tahap peninjauan ulang ini (peer review) dipublikasikan pekan lalu di jurnal Nature Communication. Studi tersebut dites pada sel kultur manusia menggunakan koleksi antibodi yang dimiliki peneliti.

Dengan menggunakan kumpulan antibodi SARS-CoV, peneliti berhasil mengidentifikasi antibodi yang juga menetralkan infeksi SARS-CoV-2 dalam sel kultur.

“Antibodi penetralisasi seperti itu berpotensi mengubah arah infeksi pada inang yang terinfeksi, mendukung pembersihan virus, atau melindungi seorang individu yang tidak terinfeksi yang terpapar virus,” kata Berend-Jan Bosch, pemimpin penelitian di Universitas Utrecht.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Nature Communications itu mencatat bahwa antibodi berikatan dengan domain yang dikonservasi dalam SARS-CoV dan SARS-CoV-2. Sehingga, antibodi monoklonal memiliki kemampuannya untuk menetralkan kedua virus itu. (*)

BERITA REKOMENDASI