Antisipasi Corona, KBRI Keluarkan Travel Warning bagi WNI

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura beri peringatan travel untuk WNI yang akan ke Singapura sehubungan dengan adanya wabah virus corona. Namun ini bukan larangan peringatan travel tapi lebih pada waspada akan wabah virus corona

Demikian rilis Kementerian Kesehatan Singapura (MoH),yang  telah diterima KR Sabtu (8/2 2020) meningkatkan penilaian risiko Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON) dari warna kuning menjadi warna oranye.
Lalu bagaimana status virus corona di Singapura? Karena saat ini da 30 warga Singapura positif terkena virus corona.

Kementerian Kesehatan Singapura menandai virus corona dari warna kuning ke oranye.

Penetapan ini didasari atas terkonfirmasinya tambahan kasus yang terinfeksi 2019-nCoV di Singapura serta adanya fakta bahwa beberapa kasus infeksi tersebut bersifat lokal yang tidak memiliki hubungan dengan kasus sebelumnya atau tidak memiliki riwayat perjalanan ke China.

Dengan penetapan indikator DORSCON menjadi warna oranye tersebut, wabah 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) telah dikategorikan sebagai virus berbahaya dan potensi terjadi penyebaran secara lokal, sehingga pemerintah Singapura sudah melakukan berbagai langkah penanganan dan pencegahan guna mengurangi risiko transmisi virus lebih lanjut.

Pemerintah Singapura telah mengimbau agar menghindari atau menunda kegiatan yang melibatkan kerumunan banyak orang. Termasuk kunjungan dan kegiatan antar sekolah juga ditiadakan. Termasuk toko produk kesehatan China di Singapura yang menjadi penyebab penularan virus corona (AFP)

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengimbau Anda yang sedang dan/atau akan bepergian ke Singapura untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan berbagai langkah pencegahan transmisi wabah 2019 novel coronavirus (2019-nCoV)”

“Seperti antara lain: menjaga stamina fisik dan psikis, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rutin mencuci tangan, menghindari mengusap atau menyentuh wajah bila tangan belum bersih.
(Ati)

BERITA REKOMENDASI