Antisipasi Topan Tembin, 74 Ribu Warga Vietnam Mengungsi

HANOI, KRJOGJA.com – Pihak berwenang di Vietnam bersiap untuk memindahkan jutaan penduduk dari daerah dataran rendah di sepanjang pantai selatan negara itu seiring dengan mendekatnya Topan Tembin yang sebelumnya menyebabkan banjir dan longsor di Filipina. 

Topan Tembin diperkirakan mencapai Vietnam pada Senin malam setelah dilaporkan menewaskan lebih dari 230 orang di Filipina.

Komite pencegahan bencana Vietnam mengatakan, sekira 74 ribu orang telah dipindahkan dari lokasi berbahaya ke wilayah yang aman. Sementara itu, pihak berwenang di 15 provinsi dan kota-kota bersiap untuk memindahkan lebih dari satu juta penduduk lainnya.

Pemerintah Vietnam telah memerintahkan semua kilang minyak dan kapal nelayan untuk dilindungi. Sebanyak 62 ribu kapal nelayan telah diperingatkan untuk tidak berlayar ke laut.

"Vietnam harus memastikan keamanan kilang minyak dan kapal-kapalnya. Jika perlu, tutup kilang minyak dan evakuasi pekerja, " kata Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (26/12/2017). Sekolah-sekolah di Kota Ho Chin Minh juga telah diperintahkan untuk ditutup.  

Seperti juga Filipina, Vietnam adalah negara rutin diterjang badai yang terbentuk di atas Samudera Pasifik yang hangat dan bergerak ke Barat. Topan Tembin akan menjadi topan besar ke-16 yang menerjang Vietnam tahun ini. (*)

 

BERITA REKOMENDASI