Antonio Guterres Resmi Jadi Sekjen PBB

NEW YORK (KRjogja.com) – Mantan Perdana Menteri Portugal, Antonio Guterres resmi menjadi sekretaris jenderal PBB setelah diambil sumpahnya pada Senin 12 Desember kemarin. Guterres berjanji akan membantu menghadirkan solusi damai bagi berbagai konflik dan mereformasi PBB menjadi lebih efektif.

"Dari krisis akut di Suriah, Yaman, Sudan Selatan dan di tempat lain, termasuk konflik berkepanjangan Israel-Palestina, kita perlu media, arbitrase serta diplomasi yang kreatif," kata Guterres seperti dikutip dari Bernama, Selasa (13/12/2016).

Guterres (67) menggantikan Ban Ki-moon (72) yang telah menjabat selama dua periode. Pada tahun 1995 hingga 2002 ia menjabat sebagai PM Portugal dan rentang 2005-2015 ia menjadi Komisari Tinggi PBB untuk pengungsi.

Ia menjadi sekjen PBB ke-10 setelah mengalahkan 12 kandidat lainnya di mana tujuh di antaranya adalah perempuan. Sempat muncul dorongan agar badan dunia yang telah berusia 71 tahun itu dipimpin seorang wanita. Guterres sempat menyinggung hal tersebut dengan mengatakan bahwa ia akan mengedepankan kesetaraan gender di sepanjang lima tahun kepemimpinannya.(*)

PBB

BERITA REKOMENDASI