Anwar Ibrahim Kandidat Kuat PM Malaysia

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, diusung oleh koalisi Pakatan Harapan (PH) sebagai calon perdana menteri Malaysia.

Menurut Anwar, keputusan itu diambil setelah Perdana Menteri Sementara Malaysia, Mahathir Mohamad, menolak menghadiri dalam rapat dewan pemimpin PH.

“Dewan Presidensial Pakatan Harapan mengundang Tun Dr. Mahathir dalam rapat untuk membangkitkan lagi koalisi Pakatan Harapan, tetapi Tun tidak sepakat untuk menghadiri pertemuan itu dalam rapat pada Selasa (25/2) malam,” kata Anwar.

Anwar menyatakan PH bekerja keras menjaga mandat rakyat, sejak ada upaya untuk menyingkirkan pemerintahan yang saat ini berkuasa. “PH tidak sepakat dengan upaya membentuk pemerintahan bayangan,” kata Anwar.

Saat ini koalisi Pakatan Harapan hanya terdiri dari tiga partai anggota, setelah ditinggalkan oleh Bersatu. Yakni PKR, Partai Aksi Demokratik (DAP), dan Partai Amanah Malaysia. Di dalam parlemen (Dewan Rakyat), kekuatan PH saat ini berjumlah 92 anggota. Terdiri dari 42 anggota fraksi DAP, 39 anggota fraksi PKR, dan 11 anggota fraksi Amanah. (*)

BERITA TERKAIT