Anwar Ibrahim Siap Nyaleg

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim akan bersaing dengan mantan penuntut yang memenjarakannya atas kasus sodomi, Mohd Saiful Bukhari Azlan. Keduanya bersaing sebagai perwakilan dari daerah Port Dickson, Malaysia.

Sebelumnya, Saiful merupakan mantan ajudan Anwar. Dalam pileg mendatang ia ikut mencalonkan diri sebagai kandidat independen dalam pemilihan tersebut. Meski begitu, dia menegaskan pencalonnya bukan terkait masa lalunya dengan Anwar.

"Saya mencalonkan diri murni sebagai calon independen tanpa ada satu pun partai yang mendukung saya," kata Saiful.

Saiful berjanji akan mengungkapkan alasannya mengikuti pileg di Port-Dickson ketika pengajuan pencalonannya diterima oleh komisi pemilihan. "Saya telah memikirkan langkah ini secara seksama dan saya merasa ini adalah langkah yang benar."

Saiful merupakan orang yang menjebloskan Anwar ke penjara pada 2008 lalu. Dia mengklaim bahwa dia adalah korban sodomi Anwar d sebuah kondominium di Bukit Damansara, Kuala Lumpur.

Ketika Anwar dibebaskan dari tuntutan pada 2012 dengan keputusan hakim yang menyatakan bahwa bukti DNA yang ada pada kasus itu tidak murni.  Pengadilan banding lantas membatalkan pembebasan mantan wakil Perdana Menteri tersebut dua tahun kemudian, saat Anwar tengah mempersiapkan diri untuk ikut dalam pemilihan legislatif. (*)

BERITA REKOMENDASI