Arab Saudi Longgarkan ‘Penguncian’ Covid-19

RIYADH, KRJOGJA.com – Arab Saudi mengumumkan pelonggaran pembatasan yang telah menghentikan sebagian besar kegiatan di negara itu karena pandemi virus corona (Covid-19). Dengan dilonggarkannya pembatasan itu, pergerakan manusia di kota-kota di beberapa kawasan di wilayah Arab Saudi, kecuali Makkah telah diizinkan.

Kantor Berita Arab Saudi, SPA melaporkan, beberapa kegiatan ekonomi dan komersial juga akan diizinkan untuk dilakukan termasuk di toko grosir dan eceran, serta mal. Kafe-kafe juga kembali diizinkan untuk beroperasi.

“(Pelonggaran) memungkinkan kehadiran kembali di kementerian, lembaga pemerintah dan perusahaan sektor swasta, dan kembalinya kegiatan kantor mereka sesuai dengan langkah-langkah yang ditentukan oleh Departemen Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial, berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan otoritas terkait lainnya,“ demikian diwartakan SPA, Selasa (26/5/2020).

Pemerintah juga akan melonggarkan langkah kuncian penuh yang diberlakukan di Makkah mulai 21 Juni, dan akan mengizinkan kembali digelarnya salat berjamaah di masjid-masjid kota itu.

Menurut penghitungan Worldometers, Arab Saudi saat ini telah mencatat lebih dari 74.000 kasus Covid-19 dengan hampir 400 korban meninggal dunia.

BERITA REKOMENDASI