Arab Saudi Tuduh Iran Ciptakan Kerusuhan

Editor: Ivan Aditya

ARAB (KRjogja.com) – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir menyerukan agar Yaman jangan sampai dikuasai oleh kelompok pemberontak Houthi yang didukung oleh Iran. Jubeir menuding Iran berupaya menyebar kerusuhan di kawasan.

Pembicaraan perdamaian antara Houthi dan pemerintah Yaman yang diinisiasi PBB terhenti bulan ini. Bersama dengan pasukan yang setia dengan mantan presiden Ali Abdullah Salleh, Houthi terus meluncurkan serangan penembakan ke arah negara tetangga, Arab Saudi.

Upaya perdamaian kandas setelah Houthi dan Kongres Rakyat Umum yang dipimpin Saleh mengumumkan pembentukan dewan pemerintahan beranggotakan 10 orang pada 6 Agustus lalu, yang disebuut Kongres Rakyat Umum (GPC). Langkah ini mengabaikan peringatan dari utusan Yaman untuk PBB, Ismail Ould Cheikh Ahmed, bahwa langkah itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB soal penyelesaian konflik.

Di hari yang sama, dalam pidato di hadapan mahasiswa di Universitas Beijing, Jubeir mengecam Iran. Saudi dan sekutunya menuding Houthi sebagai perpanjangan tangan dari Iran. (*)

BERITA REKOMENDASI