Argentina Sahkan UU Aborsi

Editor: Ivan Aditya

ARGENTINA, KRJOGJA.com – Ribuan warga Argentina merayakan pengesahan Undang-Undang yang melegalkan aborsi. UU Legalisasi aborsi ini dinilai keputusan penting di Argentina sebagai negara yang sudah lama dipimpin Gereja Katolik itu.

Sejumlah warga dan aktivis turun ke jalan di ibukota Buenos Aires meluapkan kegembiraan mereka setelah UU legalisasi itu disahkan pada Rabu (30/12). Ribuan orang ini sudah berkumpul melakukan demonstrasi di tengah pandemi Covid-19 untuk mendukung pengesahan legalisasi aborsi.

UU ini disahkan setelah debat dan pemungutan suara alot selama lebih dari 12 jam. Ini merupakan pemungutan suara yang kedua setelah sebelumnya gagal pada 2018 lalu.

“Aborsi yang aman, legal dan gratis adalah hukum. Sekarang kita adalah masyarakat yang lebih baik yang meningkatkan hak-hak perempuan dan menjaga kesehatan masyarakat,” tulis Presiden Argentina Alberto Fernandez, dalam sebuah cuitan di Twitter.

Undang-undang Argentina yang baru ini akan mengizinkan aborsi secara sukarela hingga 14 minggu kehamilan. UU ini diharapkan dapat melindungi dan menyelamatkan perempuan. (*)

BERITA REKOMENDASI