Argentina Usut Dugaan Pelanggaran HAM Putra Kerajaan Saudi

Editor: Ivan Aditya

ARGENTINA, KRJOGJA.com – Penegak hukum Argentina menyatakan sedang memulai penyelidikan terhadap Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. Investigasi itu fokus pada dugaan pelanggaran hak asasi manusia, seperti kejahatan perang yang dilakukan pasukan Koalisi Saudi dalam konflik di Yaman, dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Penyelidikan itu dilakukan menjelang KTT G20 yang akan digelar di Ibu Kota Buenos Aires pada 30 November mendatang. Lembaga pemantau hak asasi manusia, Human Rights Watch (HRW) yang mengajukan permintaan penyelidikan dan mendaftarkan sejumlah dokumen berkaitan dengan dugaan kejahatan perang Saudi di Yaman. Sebab, Pangeran Salman masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Di samping itu, mereka juga meminta supaya penegak hukum Argentina menyelidiki tentang dugaan penyiksaan dan kekejaman terhadap sejumlah aktivis di Arab Saudi, termasuk dugaan pembunuhan Khashoggi. Direktur Eksekutif HRW, Kenneth Roth berharap penegak hukum Argentina mau mengusut Pangeran Salman, atas bukti-bukti yang mereka berikan.

"Kehadiran Pangeran Salman dalam KTT G20 di Buenos Aires bisa dimanfaatkan oleh para korban dan keluarga yang ditinggalkan akibat dugaan kejahatannya di Yaman dan Arab Saudi melalui pengadilan Argentina," kata Roth. (*)

BERITA REKOMENDASI