Arkeolog Temukan Kapal Raja Swedia Berusia 400 Tahun

Editor: Ivan Aditya

SWEDIA, KRJOGJA.com – Sebuah kapal karang yang berasal dari abad ke-17 telah ditemukan oleh para arkeolog di Swedia. Kapal yang berusia 400 tahun ini diyakini sebagai tongkat lambang kekuasaan Raja Gustav II Adolf.

Para ahli menemukan reruntuhan tersebut saat merenovasi dermaga di Pulau Skeppsholmen, daerah Stockholm yang ramai didatangi oleh para turis. Ilmuwan dari Museum Maritim Stockholm (SMM) mengawasi penggalian tersebut yang berlangsung di Östra Brobänken.

Tim mengambil sampel selama musim panas dan telah menetapkan jenis dan perkiraan tahun pembuatan kapal tersebut. Mereka menunjukkan bahwa kayu tersebut merupakan kayu dari pohon ek dari Swedia dan dipotong pada musim dingin antara 1612 dan 1613.

Dengan membandingkan bangkai kapal tersebut dengan daftar kapal perang yang dibuat saat itu, mereka menemukan 4 kapal besar yang terdaftar dalam proses pembuatan pada periode tersebut. Melalui proses eliminasi, mereka percaya bahwa kecelakaan tersebut mengaramkan tongkat lambang kekuasaan dari Raja Gustav II Adolf tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI