Arkeolog Yunani Temukan Jasad 1.800 Tahun

Editor: Ivan Aditya

YUNANI, KRJOGJA.com – Para arkeolog Yunani menemukan sebuah makam seorang wanita bangsawan yang dikubur dengan perhiasan emasnya di monumen pemakaman Romawi Kuno terletak di Pulau Sikinos. Menurut inskripsi yang diukir di makam, nama wanita bangsawan tersebut adalah Neko – atau ΝεικÏŽ jika ditulis dalam alfabet Yunani.

Makam berbentuk kotak itu ditemukan dalam kondisi utuh dalam kubah monumen Episkopi, sebuah monumen pemakaman era Romawi yang langka, yang kemudian diubah menjadi gereja dan sebuah biara. Perhiasaan emas antara lain cincin, gelang dan sebuah kalung panjang, gesper kameo untuk ikat pinggang wanita, vas-vas yang terbuat dari gelas dan metal dan sobekan kain dari baju wanita ditemukan di dalam makam.

Menurut para arkeolog, mausoleum yang terawat dengan baik di sebuah pulau kecil, di gugusan pulau Cylandic sebelah tenggara Athena, tampaknya dibangun untuk menjaga pemakaman. "Ini sangat tidak terduga, kami sangat beruntung," Direktur Studi Antik jaman Ephorate di Cyclades, Dimitris Athanassoulis.

Para ahli menganggap Neko mempunyai koneksi dengan pulau itu, tetapi,tidak diketahui apakah dia berasal dari Pulau Sikinos. "Kita sekarang mencoba untuk mencari informasi lebih banyak tentang Neko," kata Athanassoulis. (*)

BERITA REKOMENDASI