AS Beli 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari Pfizer

WASHINGTON, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa negaranya telah mengamankan 100 juta dosis vaksin Covid-19 dari perusahaan obat Pfizer. Vaksin-vaksin itu akan segera digunakan setelah mendapatkan persetujuan, terbukti aman dan efektif.

“Hari ini, Pemerintahan saya mencapai kesepakatan bersejarah dengan Pfizer, untuk memproduksi dan memberikan 100 juta dosis vaksin mereka segera setelah disetujui,” kata Trump dalam keterangan pers di Gedung Putih, Rabu (22/7/2020).

Menurut Trump, perjanjian itu juga memberi AS opsi untuk membeli 500 juta dosis berikutnya setelah pengiriman pertama diterima. Diwartakan VOA, Pemerintah AS akan membayar sebesar USD1,95 miliar untuk memperoleh vaksin-vaksin tersebut.

Pfizer dilaporkan berharap mendapat persetujuan Pemerintah AS paling cepat Oktober jika penelitian vaksin mereka membuahkan hasil yang diharapkan.

Kesepakatan yang diumumkan pada Rabu itu adalah bagian dari prakarsa “Operation Warp Speed” Presiden Donald Trump yang berupaya memperoleh vaksin Covid-19 dalam jumlah besar dan waktu yang cepat. Washington berharap 300 juta dosis vaksin yang disetujui bisa tersedia sebelum Januari 2021.

AS adalah negara dengan infeksi Covid-19 tertinggi di dunia, mencatat 4,1 juta kasus yang dikonfirmasi, dan lebih dari 146.000 korban meninggal dunia, menurut data Worldometer. Saat ini pandemi virus corona telah menginfeksi lebih dari 15 juta orang di 213 negara di dunia.

BERITA REKOMENDASI