AS Dukung Presidensi G20 Indonesia Soal Arsitektur Kesehatan Global

JAKARTA, KRJOGJA.com – KTT Global COVID-19 ke-2 digelar secara virtual pada Kamis, 12 Mei 2022, pukul 20.00 WIB. Disiarkan secara langsung melalui WH.GOV/Live.

Amerika Serikat sebagai Ketua KTT COVID-19 pertama; Indonesia sebagai Presiden G20; Belize sebagai Ketua Komunitas Karibia (CARICOM); Jerman sebagai Presiden G7; serta Senegal sebagai Ketua Uni Afrika, menjadi tuan rumah bersama KTT Global COVID-19 ke-2 tersebut.

KTT Global COVID-19 ini akan menggandakan upaya yang dilakukan pada KTT COVID pertama dan berfokus pada empat tujuan utama: komitmen ulang intensitas terahadap respons global; memvaksinasi dunia; melindungi yang paling rentan; dan mencegah bencana di masa depan.

Menjelang KTT, Amerika Serikat menyerukan kepada pemimpin pemerintahan, masyarakat sipil, dunia usaha, dan filantropi untuk membuat komitmen baru yang signifikan.

“COVID-19 tidak akan menjadi ancaman kesehatan global terakhir atau terbesar yang kita hadapi, sehingga kita harus berinvestasi dalam ketahanan infrastruktur kesehatan global kita,” ujar Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y. Kim pada Forum Bilateral Tempo 2022, Kamis (12/5/2022) seperti tertuang dalam pernyataan tertulis yang dibagikan Kedubes AS di Jakarta.

Terkait pemulihan ekonomi pascapandemi, Dubes Kim menyebutkan, “Amerika Serikat mendukung prioritas G20 Indonesia terhadap arsitektur kesehatan global. Presiden Biden telah meminta agar lebih dari 28 miliar dolar dalam anggaran nasional berikutnya diarahkan untuk kesehatan global, sistem kesehatan, dan jaminan kesehatan. Hal tersebut akan membuat kita lebih siap menghadapi guncangan kesehatan berikutnya.”

BERITA REKOMENDASI