AS Lakukan Veto Terkait Resolusi Anti Terorisme Indonesia

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – Amerika Serikat melakukan veto terhadap resolusi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Resolusi yang ditolak adalah terkait Prosekusi, Rehabilitasi, dan Reintegrasi (PRR) bagi teroris di luar negeri. AS melancarkan kritikan pedas terhadap resolusi tersebut.

Perwakilan Tetap Indonesia di PBB, Dian Triansyah Djani menyebut resolusi ini memberikan panduan jelas dan praktis bagi anggota-anggota PBB untuk melawan terorisme dan mencegah radikalisme.

“Draf resolusi ini mengajak negara-negara anggota untuk menjawab kondisi-kondisi yang memicu penyebaran terorisme, termasuk dengan mencegah radikalisme, mendorong kolaborasi erat, pembangunan kapasitas, dan berbagi pengalaman dalam prosekusi, rehabilitasi, dan reintegrasi,” ujar D.T. Djani dalam pernyataan resmi di situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, seperti dikutip Rabu (2/9/2020).

Perwakilan Indonesia menyebut penolakan resolusi ini hal yang sukar dipahami dan mengabaikan kearifan negara-negara lain yang setuju. Negara yang menolak adalah Amerika Serikat.

“Biarlah diketahui oleh dunia bahwa dunia mestinya bisa lebih aman dengan resolusi draf ini, dan meski demikian, kita kehilangan peluang berharga dengan tidak mengadopsinya hari ini,” ujar D.T. Djani.

BERITA REKOMENDASI