AS Pindahkan Komandan ISIS di Suriah

DAMASKUS, KRJOGJA.com – Beberapa helikopter Amerika Serikat (AS) diperkirakan telah memindahkan para komandan kelompok ISIS dari Provinsi Deir Az-Zour di Suriah Timur ke daerah di Provinsi Hasakah di bagian timur laut negeri tersebut. 

Hal itu diungkapkan oleh kantor berita Suriah, SANA, pada Jumat 29 Desember. Helikopter milik AS yang datang dari pinggir Deir Az-Zour mendarat di dekat Bendungan Al basel di sebelah selatan Hasakah, dengan membawa para pemimpin ISIS yang menyerahkan diri kepada Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

Hal tersebut bukanlah yang pertama kalinya AS melakukan pemindahan pimpinan ISIS. Pada awal Desember, beberapa helikopter AS memindahkan 47 pemimpin ISIS ke daerah yang sama di Hasakah, banyak di antara mereka telah melarikan diri dari daerah tersebut akibat operasi militer yang dilakukan oleh tentara Suriah.

Para pemimpin ISIS yang cedera diberita perawatan medis oleh personel organisasi Dokter Tanpa Perbatasan. Laporan itu kembali menyampaikan tuduhan bahwa Washington mendukung ISIS di Suriah Timur.

SDF menguasai daerah di pinggir utara Deir Az Zour dengan dukungan AS, setelah mereka merebut Kota Ar-Raqqah, markas terbesar ISIS di Suriah Utara.

Pemerintah Suriah enggan mengakui pembebasan Ar-Raqqah. Ar-Raqqah, kata Pemerintah Suriah, masih diduduki oleh AS dan petempur pimpinan Suku Kurdi. Suriah juga menyatakan SDF mesti kembali ke payung Republik Arab Suriah atau mereka akan menghadapi nasib yang serupa dengan ISIS. 

Pernyataannya tersebut mencerminkan kekecewaan pemerintah dengan apa yang dipandang sebagai tindakan pemisahan diri oleh kelompok pimpinan Suku Kurdi di Suriah Utara. (*)

BERITA REKOMENDASI