Assange Dituduh Terlibat Perkosaan

Editor: Ivan Aditya

SWEDIA (KRjogja.com) – Pengadilan banding Swedia menolak untuk mencabut surat penangkapan untuk pendiri WikiLeaks, Julian Assange atas tuduhan kasus pemerkosaan pada 2010. Keputusan itu dibuat berdasarkan penilaian dari pengadilan daerah bahwa Julian Assange masih menjadi tersangka dari kasus perkosaan.

Selama ini, Assange yang kini berada di Kedutaan Besar Ekuador di London membantah tudingan tersebut dan menolak memenuhi panggilan pengadilan untuk dimintai keterangan karena takut Swedia akan mengekstradisi dirinya ke Amerika Serikat. AS mengincar Assange karena kasus pembocoran 500 dokumen rahasia militer terkait perang di Afghanistan dan Irak.

Ini merupakan kali kedelapan surat perintah penangkapan terhadap Assange diajukan dalam banding di pengadilan Swedia. Semua upaya itu selalu berakhir dengan penolakan pencabutan surat penangkapan itu.

Pengacara Assange selama ini mendesak Swedia untuk menghargai opini Kelompok Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Penahanan Arbitrase. Pada 5 Februari lalu, kelompok kerja itu menyatakan bahwa tertahannya Assange di Kedubes Ekuador merupakan penahanan sewenang-wenang oleh Swedia dan Inggris. (*)

BERITA REKOMENDASI