Asteroid ‘Tengkorak’ Dekati Bumi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Asteroid berbentuk tengkorak yang melayang melewati Bumi pada malam Halloween 2015 akan terbang menjumpai Bumi lagi di November 2018. Pertengahan Oktober 2015, sekelompok astronom menggunakan teleskop Pan-STARRS di Hawaii, menemukan sebuah asteroid aneh yang sangat mirip dengan tengkorak manusia, bila dilihat dengan pencahayaan yang tepat.

Bentuk dan ciri keseluruhan seperti 'mata' dan 'hidung' dari objek tampak sangat mirip dengan tengkorak manusia sesungguhnya. Di malam Halloween, objek luar angkasa yang menyeramkan, berukuran 685-700 meter, berada pada posisi terdekatnya, meluncur melewati Bumi dalam jarak 486.000 kilometer atau sekira 1,3 kali jarak ke bulan.

Asteroid tersebut, yang secara resmi dijuluki 2015 TB145, akan kembali mendekat. Menurut sebuah laporan di Phys.org, ia saat ini berada di jarak berkisar 3.7AU dan akan melewati Bumi pada suatu waktu di November 2018.

Namun, kali ini pendekatan asteroid terhadap Bumi lebih jauh, diperkirakan 105 kali jarak antara Bumi dan bulan. Saat asteroid tersebut melalui Bumi, para astronom NASA dan berbagai orang di belahan di dunia menggunakan teleskop berbeda untuk menangkap gambarnya dan meneliti karakteristiknya. (*)

BERITA REKOMENDASI