Australia Berjanji Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Indonesia

AUSTRALIA, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Scott Morrison berjanji untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 ke negara Pasifik dan beberapa negara di Asia Tenggara, jika Australia berhasil mengembangkan pasokan vaksin yang terbukti manjur.

Seperti dikutip dari ABC Indonesia, Jumat (21/8/2020), pemerintah Australia mengaku telah membuat kesepakatan dengan perusahaan obat yang berbasis di Inggris, AstraZeneca, untuk memproduksi vaksin COVID-19 secara lokal yang saat ini sedang diujicobakan di Universitas Oxford.

Rabu kemarin 19 Agustus 2020, PM Morrison mengatakan jika vaksin sudah tersedia maka akan digratiskan dan diwajibkan kepada seluruh warga di Australia.

Namun di malam hari, ia mengubah pernyataannya dengan mengatakan vaksin tidak akan diwajibkan dan tidak akan ada yang dipaksa untuk disuntik.

“Tidak ada mekanisme untuk menjadi wajib … maksud saya, kita tidak bisa memaksa seseorang untuk mendapatkannya,” ujarnya PM Morrison dalam wawancara dengan Radio 2GB sydney.

Jika uji coba klinis vaksin COVID-19 berhasil dan dapat meningkatkan produksinya secara lokal, Pemerintah Australia juga berencana untuk menyalurkannya kepada negara-negara tetangganya.

BERITA REKOMENDASI