Australia Hentikan Program Edukasi China

Editor: Ivan Aditya

AUSTRALIA, KRJOGJA.com – Pemerintah Australia bakal menghentikan program edukasi yang didanai China di 13 sekolah negeri yang tersebar di negara bagian New South Wales. Program edukasi bahasa Mandarin milik pemerintah China bernama Institut Konfusius itu dihentikan karena kekhawatiran akan adanya intervensi.

Meski belum dapat mengungkapkan bukti yang menunjukkan adanya intervensi, Pemerintah Australia menganggap program tersebut sudah tidak dapat dilanjutkan. "Sebuah ulasan menunjukkan ada beberapa faktor tertentu yang dapat memicu persepsi bahwa Institut Konfusius bisa jadi mempermudah masuknya pengaruh asing yang tidak baik di dalam departemen," tulis sebuah laporan.

Menteri Pendidikan New South Wales Sarah Mitchell menyatakan akan mengganti program tersebut dengan kelas Mandarin yang dijalankan oleh pemerintah setempat. Sementara Kedutaan Besar China di Canberra belum menanggapi informasi tersebut.

Laporan pemerintah mengungkap bahwa New South Wales merupakan satu-satunya negara bagian di dunia yang memiliki program tersebut dan di dalam departemen pendidikannya terdapat beberapa pegawai pemerintah China yang dipekerjakan. (*)

BERITA REKOMENDASI