Australia Tolak Teori Hilangnya MH370

Editor: Ivan Aditya

CANBERRA (KRjogja.com) – Tim investigasi hilangnya MH370 meragukan teori yang menyebutkan bahwa pesawat milik maskapai Malaysia tersebut sempat terbakar sebelum lenyap lebih dari dua tahun lalu. Teori ini muncul lantaran sejumlah puing MH370 yang ditemukan di Madagaskar pekan lalu tampak menghitam akibat terbakar.

Puing itu ditemukan Blaine Gibson yang menyerahkan lima potongan pesawat pekan lalu secara langsung ke pejabat Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB). Gibson merupakan salah seorang yang aktif memburu puing MH370. Selama dua tahun perburuannya, Gibson telah berhasil menemukan 14 potongan MH370.

Namun, hasil penyelidikan terhadap puing-puing tersebut menunjukkan bahwa dua potongan fiberglass milik MH370 tak terbakar. Begitu juga dengan potongan lainnya yang tampak menunjukkan bau terbakar, tim investigasi MH370 menegaskan itu terjadi akibat terkena paparan udara panas dalam waktu lama. Pasalnya, dari bau yang tercium pada puing tersebut, kerusakan akibat panas tersebut, kata otoritas ATSB, terjadi baru-baru ini, bukan saat MH370 hilang 8 Maret 2014 lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI