Badai Idai Paksa Warga Mozambik Mengungsi

Editor: Ivan Aditya

MOZAMBIK, KRJOGJA.com – Badai tropis Idai menghancurkan Kota Beira, Mozambik, Jumat (15/3). Sapuan badai menyebabkan putusnya kabel listrik, penutupan bandara, dan banjir yang menewaskan 66 orang di seluruh negeri.

"Tidak ada komunikasi dengan Beira. Rumah-rumah dan pohon-pohon hancur. Tiang-tiang juga runtuh," ujar seorang pejabat di National Institute of Disaster Management (NIDM).

Pihak berwenang juga terpaksa menutup Bandara Internasional Beira setelah menara pengatur lalu lintas udara, sistem navigasi, dan landasan pacu rusak akibat badai. "Landasan pacu penuh dengan rintangan dan membuat beberapa pesawat yang diparkir rusak," kata dia.

Pada Rabu (13/03/2019) malam waktu setempat, maskapai penerbangan LAM membatalkan semua penerbangan menuju Beira dan Quelimane. Selain itu, beberapa provinsi seperti Manica, Sofala, dan beberapa daerah di Inhambane, tak tersambung dengan listrik.

Tak ada konfirmasi soal korban tewas. Namun, stasiun televisi lokal STV melaporkan seorang anak di Provinsi Manica tewas akibat tertimpa atap yang jatuh. (*)

BERITA REKOMENDASI