Bahas Kerjasama sampai Dana Minyak, Menlu ke Norwegia

JAKARTA,KRJOGJA.com – Dalam rangka mempererat hubungan bilateral, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Oslo, Norwegia pada 11 Juni hingga 13 Juni 2017 nanti.

Agenda kunjungan itu terbagi menjadi dua, yakni pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Kerajaan Norwegia Børge Brende pada 12 Juni 2017 dan menghadiri Oslo Forum pada 13 Juni 2017.

Pertemuan antara Menlu RI dengan Menlu Norwegia merupakan agenda yang rutin dilakukan. Sebelumnya, kedua Menlu telah bertemu pada Juni 2015 dan Mei 2016. Dan tahun ini menandai kali ketiga pertemuan kedua menteri.

"Agenda itu disebut sebagai konsultasi bilateral, hasil penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua menteri pada 2013. Namun, baru bisa terlaksana pertama kali pada Juni 2015. Konsultasi kedua pada Mei 2016 di Jakarta, kemudian konsultasi ketiga akan dilaksanakan pada 12 Juni 2017 di Oslo," kata Direktur Eropa II Kementerian Luar Negeri Tyas Baskoro Her Witjaksono Adji di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Kedua menteri akan membahas sejumlah isu, mulai dari lingkungan hidup, kemaritiman, ekonomi, energi, hingga terorisme. Beberapa isu tersebut telah rutin dibicarakan kedua negara sejak masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga Presiden Joko Widodo.(*)

BERITA REKOMENDASI