Bahas Korut, Trump Adakan Pertemuan Trilateral

NEW YORK, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, disebut akan mengadakan pertemuan trilateral dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in. Pertemuan ini akan dilakukan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB pada pekan depan di Kota New York.

Sebagaimana dikutip dari Japan Times, Minggu (17/9/2017), kabar pertemuan trilateral itu diumumkan oleh penasihat keamanan nasional Trump, HR McMaster. Pada pertemuan itu, ketiga pemimpin negara tersebut akan fokus mendiskusikan ancaman Korea Utara yang terus melakukan tindakan provokasi.

“Seperti yang diperlihatkan peluncuran rudal terbaru dari Kim Jong-un, Korea Utara tetap menjadi salah satu masalah keamanan paling mendesak dan berbahaya di dunia. Sangat penting bahwa semua negara bekerjasama untuk melakukan yang terbaik dalam memecahkan masalah tersebut,” ujar McMaster.

McMaster juga memberikan sedikit bocoran mengenai apa yang Trump akan sampaikan di Sidang Umum PBB. Salah satunya adalah seruan Amerika Serikat untuk semua negara anggota PBB agar menegakkan sanksi yang mulai diberlakukan oleh Dewan Keamanan PBB untuk Korea Utara.

“Sanksi ini sudah mulai diberlakukan. Apa yang benar-benar penting adalah penegakkan sanksi yang ketat sehingga kita bisa membiarkan tindakan ekonomi dan diplomasi berjalan sebaik mungkin,” tambah McMaster. (*)

BERITA REKOMENDASI