Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Demikian diutarakan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud RI Prof. Endang Aminudin Aziz, pada kegiatan Riung Media, Kamis (23/9/2021) petang.

Kita tahu tingkat literasi masyarakat Indonesia sering digambarkan masih rendah. Berdasarkan analisis Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), ternyata rendahnya literasi dipicu oleh keterbatasan akses bahan ajar.

“Jadi rendahnya literasi masyarakat bukan karena minat membaca masyarakat yang rendah. Kami melakukan analisis dan ditemukan bahwa keterbatasan akses masyarakat terhadap buku atau bahan ajar ditambah keterbatasan waktu untuk membaca menjadi dua hal yang menyebabkan rendahnya literasi,” kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud RI Prof. Endang Aminudin Aziz, M.A., Ph.D.

Karena itu Badan Bahasa, lanjut Aminudin berupaya terus untuk keningkatkan akses masyarakat terhadap bahan ajar. Salah satu caranya adalah menyiapkan bahan ajar sebanyak mungkin.

“Kita siapkan buku literasi dan juga menerjemahkan buku-buku berbahasa asing,” lanjut Aminudin.

BERITA REKOMENDASI