Bandara Jeddah Siap Sambut Jemaah Gelombang II

Editor: KRjogja/Gus

JEDDAH, KRJOGJA.com – Sebanyak 122.015 jemaah haji gelombang II dari 300 kloter akan tiba melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi mulai 20 Juli 2019.

Dijadwalkan pada hari pertama kedatangan gelombang II, sebanyak 15 kloter yang akan turun di Bandara Jeddah, yakni kloter 18 Embarkasi Ujung Pandang (UPG 18), kloter 25 Embarkasi Jakarta-Pondokgede (JKG 25), kloter 40 Embarkasi Surabaya (SUB 40), kloter 41 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 41), kloter 8 Embarkasi Medan (MES 8). Selain itu juga JKG 26, kloter 42 Embarkasi Solo (SOC 42), JKS 42, JKS 43, kloter 2 Embarkasi Balikpapan (BPN 2), SOC 43, kloter 16 Embarkasi Batam (BTH 16), kloter 14 Embarkasi Palembang (PLM 14), SOC 44, SOC 45 dan kloter 1 Embarkasi Aceh (BTJ 1).

"Pada awal gelombang II juga masih ada jemaah haji yang turun di Bandara Prince Mohammad Bin Abdulaziz Madinah, sekitar 1.555 orang berasal dari empat kloter Embarkasi Surabaya. Sehingga nantinya petugas akan dibagi dua untuk melayani jemaah di Bandara Madinah dan Jeddah," jelas Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat sela mengunjungi Bandara Jeddah, Selasa (16/7).

Arsyad menegaskan pihaknya akan mengoptimalkan petugas di Bandara Jeddah karena situasinya lebih ramai. Akan banyak jemaah haji dari negara-negara di Asia dan Timur Tengah yang tiba di bandara tersebut di saat yang bersamaan.

"Petugas lebih cekatan, harus jauh lebih baik, kedatangan bisa bersamaan di lima gate dengan jarak antar gate cukup jauh," katanya.

Menurut Arsyad, pihaknya telah berkoordinasi dengan Wukala, unit di bawah pemerintahan Arab Saudi untuk penyambutan kedatangan jamaah haji Indonesia serta bagasi. Sama seperti di Bandara Madinah, bagasi jemaah akan ditangani petugas khusus, sehingga mereka tinggal mengurusi tas/koper kabin.

Berkaca dari pengalaman tahun lalu, jemaah haji yang turun di Bandara Jeddah akan didorong cepat segera keluar dari bandara. Untuk itu Arsyad mengimbau agar jemaah haji sudah mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi. Mereka diminta mengucapkan niat ihram setelah melewati wilayah Ya Lamlam atau 15-20 menit sebelum pesawat landing di Bandara Jeddah.

"Sudah tidak ada lagi alokasi waktu transit. Hal ini harus jadi perhatian jemaah haji Indonesia gelombang kedua yang berangkat dari 13 embarkasi," katanya.

Sementara hingga pukul 16.00 WAS atau 20.00 WIB, tercatat 161 kloter yang tiba di Madinah dengan total jemaah sebanyak 64.422 orang. Sedang seluruh jemaah haji DIY dari sembilan kloter sudah semuanya berada di Madinah. Hanya ada dua kloter Embarkasi Solo (SOC) asal DIY yang akan diterbangkan pada gelombang II, yakni kloter 96 dan 97 langsung mendarat di Bandara Jeddah pada 5 Agustus mendatang. (Feb)

 

 

BERITA REKOMENDASI