Banjir Landa India, 40 Tewas

BIHAR (KRjogja.com) – Hujan deras yang menyebabkan banjir parah di India telah mengakibatkan sedikitnya 40 orang meninggal dunia dan ribuan orang terpaksa dievakuasi dari pemukiman mereka. Banjir deras ini terjadi di sejumlah distrik di negara bagian Madhya Pradesh, Bihar, dan Uttar Pradesh.

Hujan deras selama berhari-hari telah mengakibatkan Sungai Gangga dan anak sungai lainnya meluap hingga mencapai level yang berbahaya. Menurut informasi petugas berwenang, setidaknya 17 orang dilaporkan tewas di Madhya Pradesh, 14 di Bihar, dan sembilan orang di Uttar Pradesh. Jatuhnya korban jiwa disebabkan oleh orang-orang yang tenggelam, tersengat listrik, dan terhimpit reruntuhan bangunan yang ambruk.     

Sementara di Kota Allahabad, air yang berasal dari Sungai Gangga telah memasuki sejumlah perumahan dan memaksa orang-orang untuk pindah ke daerah yang lebih aman. Banjir ini mengakibatkan sekira 12 ribu orang harus dievakuasi. Informasi ini didapat dari pihak pemerintah. Demikian sebagaimana dilansir Belfast Telegraph, Senin (22/8/2016).

Selain Allahabad, Kota Varanasi di Uttar Pradesh merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak banjir terparah. Sementara di Bihar, sekira 600 ribu orang terpaksa dievakuasi. Saat ini, pasukan udara dan darat telah bersiap untuk menghadapi curah hujan yang lebih besar dalam dua hari ke depan. (*)   

BERITA REKOMENDASI