Banjir Mulai Surut, 213 Meninggal

GUJARAT, KRJOGJA.com – Banjir bandang di India mulai surut. Situasi ini membuka kesempatan bagi regu penyelamat menyisir kawasan yang direndam air terparah, termasuk di Gujarat.

Otoritas di Gujarat mengatakan, jumlah korban tewas melonjak tajam. Dari yang awalnya 123 orang, kini menjadi 213 orang. Meningkatnya jumlah korban, seperti diwartakan The Guardian, Senin (31/7/2017), membuat otoritas setempat kewalahan. Mereka kesulitan untuk mengatasi jumlah mayat yang diperkirakan masih akan bertambah. Selain harus mengirim para jasad ke rumah sakit, para petugas juga harus melakukan identifikasi dan mengejar waktu untuk pemeriksaan postmortem.

Seorang pejabat di ruang pengendalian darurat menjelaskan bahwa hanya setelah postmortem, mereka boleh secara resmi mengonfirmasi kematian seseorang.

“Namun karena banyak jasad yang ditemukan, postmortem butuh waktu lebih lama untuk mengonfirmasi kematian semuanya,” terang dia.

Di antara korban tewas, dilaporkan ada 17 orang yang merupakan satu keluarga. Jasad mereka ditemukan bersama 8 jasad lain pada Rabu 26 Juli dari dua desa yang terendam banjir bandang di Banaskantha, Gujarat. (*)

BERITA REKOMENDASI