Bank Dunia Kurangi Pinjaman ke China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Bank Dunia mengatakan akan mengurangi pinjamannya ke China. Bank Dunia yang dipimpin oleh mantan pejabat Departemen Keuangan AS David Malpass, membela pendekatan ke China dalam sebuah pernyataan singkat.

"Pinjaman Bank Dunia ke China telah turun tajam dan akan terus berkurang sebagai bagian dari perjanjian kami dengan semua pemegang saham kami termasuk Amerika Serikat.Kami menghilangkan pinjaman karena negara-negara tersebut menjadi lebih kaya," katanya.

Bank Dunia merespons pengurangan pinjaman usai Presiden AS Donald Trump mengecam aksi pinjaman Bank Dunia untuk China dan minta semua pinjaman dihentikan.

"Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang ke China? Apakah ini mungkin? China punya banyak uang. Jika mereka tidak punya. Mereka yang membuatnya. Berhenti," ujar Trump.

Trump mengulangi posisi yang telah lama dipegang oleh pemerintahannya, termasuk Malpass sebagai bos Bank Dunia saat ini. Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan kepada anggota parlemen AS Kamis bahwa Amerika Serikat keberatan dengan program pinjaman dan proyek tahunan lembaga itu di China. (*)

BERITA REKOMENDASI