Banyak Pasien Sembuh, Rumah Sakit Darurat Virus Korona di Wuhan Ditutup

Editor: KRjogja/Gus

WUHAN, KRJOGJA.com – Seluruh rumah sakit darurat yang dibangun dalam waktu singkat untuk menanggulangi penyebaran virus korona (COVID-19) di Wuhan, China telah resmi ditutup. Dua unit rumah sakit terakhir ditutup oleh otoritas setempat pada Selasa 10 Maret 2020, setelah seluruh pasien dinyatakan sembuh.

Rumah sakit sementara Wuchang, salah satu dari fasilitas temporer yang ditutup, memulangkan 49 orang pasien terakhirnya setelah mereka dinyatakan pulih pada Selasa sore waktu setempat. Rumah sakit itu berdiri di bangunan Stadion Wuchang Hongshan, dengan fasilitas ruang rawat inap berkapasitas 784 tempat tidur.

Beroperasi sejak 5 Februari, rumah sakit sementara Wuchang total merawat 1.124 pasien. Tercatat sebanyak 833 orang dari pasien tersebut dinyatakan pulih serta dipulangkan. Sementara sebanyak 291 pasien sisanya dirujuk menuju rumah sakit lain dengan fasilitas lengkap.

Unit rumah sakit lain yang ditutup terletak di Distrik Jiangxia, dikenal menggunakan metode pengobatan tradisional China dalam menyembuhkan pasien tertular virus korona. Seperti dilansir dari laman Xinhua, fasilitas tersebut menampung 564 pasien positif korona sejak beroperasi pada 14 Februari.

Langkah pembangunan rumah sakit sementara itu dilakukan untuk mengatasi keterbatasan ruang perawatan pasien saat wabah korona merebak bulan lalu. Seluruh rumah sakit sementara di Wuhan setidaknya melayani total 13 ribu pasien virus COVID-19 sejak dicetuskan. (*)

BERITA REKOMENDASI