Bayi Terinfeksi Corona Saat dalam Kandungan

Editor: Ivan Aditya

PRANCIS, KRJOGJA.com – Seorang perempuan hamil yang terinfeksi virus corona (Covid-19) selama trimester terakhir menularkan virus ke anaknya. Menurut dokter dan peneliti di Prancis, bayi dalam kandungan itu terinfeksi corona melalui plasenta sang ibu.

Studi yang diterbitkan Nature Communications menemukan infeksi corona terhadap bayi dalam kandungan mengarah ke komplikasi neurologis setelah lahir.

Dokter Daniele De Luca yang memimpin tim peneliti sekaligus kepala divisi pediatri dan perawatan kritis di Paris-Saclay University Hospital menerangkan bayi yang lahir di salah satu rumah sakit di Paris pada Maret itu memperlihatkan gejala peradangan otak. Kendati bayi yang sekarang berusia sekitar tiga bulan ini dinyatakan telah berangsur pulih tanpa perawatan.

“Sangat membaik, hampir secara klinis normal. Sementara sang ibu yang membutuhkan oksigen selama persalinan kini juga sehat,” kata dokter De Luca.

Ia pun menduga virus corona ditularkan melalui plasenta ibu yang berusia 23 tahun tersebut. Dalam kasus ini, tim peneliti menguji plasenta, cairan ketuban, darah tali pusat, serta darah ibu dan bayi. Hasilnya menunjukkan bahwa virus mencapai plasenta dan bereplikasi.

“Kemudian dapat ditularkan ke janin yang bisa terinfeksi dan memiliki gejala yang mirip dengan pasien Covid-19 dewasa,” kata Luca merujuk pada penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Communication. (*)

BERITA REKOMENDASI