BDF Jadi Rujukan Dunia dalam Forum Demokrasi

BALI (KRjogja.com) – Selama sembilan tahun berturut-turut, Indonesia telah menjadi tuan rumah Bali Democracy Forum (BDF). Kali ini, forum diskusi tingkat menteri luar negeri tersebut mengusung tema Religion, Democracy, and Pluralism.

Dalam pernyataan kepada awak media yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menjelaskan pertimbangan tentang diusungnya tema tersebut.

"Tema tersebut diambil dengan pertimbangan karena semakin banyak tantangan yang dihadapi demokrasi dalam mengelola perbedaan, termasuk perbedaan etnis, agama, dan perbedaan-perbedaan lainnya," ujar Menlu Retno pada Kamis (8/12/2016) di Bali International Convention Center.

Menlu Retno mengatakan, BDF kali ini sangat istimewa karena dihadiri oleh beberapa tokoh penting, yakni mantan Sekjen PBB yang sekarang menjadi ketua dari Kofi Annan Foundation, Kofi Annan, pemenang Nobel Perdamaian tahun 2015 Ouided Bouchamaoui dari Tunisia, dan mantan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan.

Berdasarkan keterangan yang disampaikannya, terdapat peningkatan partisipan yang hadir, yakni 95 negara dan enam organisasi internasional–sebelumnya 94 negara dan lima organisasi internasional.

BDF IX juga dibuka dengan dua video message dari Sekjen PBN Ban Ki Moon dan presiden dari Majelis Umum PBB Peter Thompson. Menurut Menlu Retno, hal tersebut merupakan satu refleksi dari perhatian dan apresiasi dunia terhadap forum demokrasi yang dilakukan Indonesia secara konsisten dan konstan. (*)

 

BERITA REKOMENDASI