Beli Mobil di Thailand, Diskon Hingga Rp 46 Juta

Editor: Ivan Aditya

THAILAND, KRJOGJA.com – Kementerian Keuangan Thailand bakal memberikan kupon senilai 100 ribu baht (Rp46,8 juta) untuk setiap pembelian mobil baru dengan cara tukar tambah (trade in) menggunakan mobil lama.

Menteri Perindustrian Thailand Suriya Jung- rungreangkit menjelaskan pihaknya akan membicarakan skema bantuan itu dengan Kementerian Keuangan. Kemudian dikatakan proyek ini akan dibawa ke kabinet buat disempurnakan dalam dua atau tiga bulan.

Kupon dalam skema tersebut disebut terbuka buat semua jenis mobil, termasuk kendaraan listrik. Proyek kupon ini akan berjalan selama lima tahun. Pemulihan penjualan mobil karena efek Covid-19 dirasa membutuhkan waktu hingga selama itu.

“Ini adalah proyek kemenangan-cepat untuk membantu produsen mobil dan bisnis relasinya yang hancur karena dampak Covid-19,” kata Suriya.

Berdasarkan data yang dihimpun Just Auto dari Federation of Thai Industries, pasar mobil domestik di Thailand turun nyaris 27 persen pada Juli dibanding bulan sebelumnya menjadi 59.355 unit.

Selama tujuh bulan pada tahun ini, penjualan hanya menghasilkan 379.123 unit atau turun 36 persen dari catatan 588.877 unit pada periode sebelumnya.

Sementara itu produksi kendaraan di Thailand anjlok 44 persen menjadi 695.468 unit, sedangkan ekspor jatuh 38 persen menjadi 400.114 unit. (*)

BERITA REKOMENDASI