Berburu Macan Tutul, India Kerahkan Drone

SILIGURI, KRJOGJA.com – Otoritas margasatwa di India timur telah mengerahkan drone, gajah terlatih, dan memasang perangkap dengan umpan hidup untuk menemukan seekor macan tutul yang melarikan diri dari Taman Safari di India.

Hal ini disampaikan oleh pihak berwenang pada Sabtu, 5 Januari. Binatang buas berusia empat tahun yang dijuluki Sachin itu melarikan diri pada Tahun Baru dari kandangnya di Taman Safari yang terletak di Kota Siliguri di negara bagian Benggala Barat.

"Dua pesawat tanpa awak dilengkapi kamera, empat gajah terlatih dan hampir 100 rimbawan telah dikerahkan untuk melacak macan tutul itu," ujar Vinod Kumar Yadav dari Otoritas Kebun Binatang Bengal Barat, sebagaimana dikutip dari AFP pada Sabtu (5/1/19).

Rimbawan juga telah meletakkan 10 perangkap dengan umpan hidup tetapi macan tutul tidak pernah terjebak," tambahnya.

Macan tutul itu sempat terlihat di sebuah pohon dekat kandang badak di bagian taman herbivora pada Selasa malam sebelum akhirnya menghilang dari pandangan.

Rimbawan telah menemukan tanda di tiga titik di dekat hutan, yang sempat memicu kepanikan penduduk desa yang tinggal di sekitar tempat tersebut.

"Sepanjang hidupnya dia hidup di penangkaran dan tidak pernah memangsa binatang apa pun. Dia selalu diberi makan oleh rimbawan," kata Yadav. (*)

BERITA REKOMENDASI