Berhasil Dibebaskan, 2 WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Segera Dipulangkan

FILIPINA, KRJOGJA.com – Dua WNI yang menjadi korban penyanderaan kelompok Abu Sayyaf berhasil diselamatkan militer Filipina. Mereka selamat berkat operasi serangan fajar militer yang memukul mundur militan Abu Sayyaf di Panamao, wilayah selatan Filipina.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Filipina Dr Sinyo Harry Sarundajang sudah berada di Zamboanga, Filipina Selatan, untuk menemui WNI yang berhasil selamat yakni Maharudin bin Lulani dan Samiun bin Maneun.

"Sekarang saya sudah berada di kota Zamboanga. Di kota Zamboanga ini para tahanan-tahanan kita itu sudah ada di sini dua orang. Mereka ditahan sudah 90 hari yang lalu," ujar Sinyo dalam keterangannya, Senin (23/12/2019).

Sinyo menambahkan masih ada satu WNI lagi yang belum diselamatkan dari Abu Sayyaf, dan militer masih melakukan upaya penyelamatan. Sinyo telah menjemput dua WNI itu sekitar pukul 11 siang waktu Filipina.

Mereka ditemui di tempat tentara Western Mindanao Command (WestMinCom), yang seperti Kodam di Filipina. Sinyo juga memastikan dua WNI dalam keadaan sehat.

"Kesehatan mereka prima, bagus, mereka tidak dipukul-pukul. Sangat sehat," tegasnya.

Selanjutnya, Sinyo akan membawa dua WNI itu ke Manila pada siang ini. Rencananya, dua WNI yang jadi korban sandera Abu Sayyaf itu akan dibawa pulang ke Tanah Air pada 26 Desember mendatang.

"Kemungkinan besar tanggal 26 saya akan bawa mereka ke Jakarta. Ke Kemlu untuk menyerahkan untuk Menteri Luar Negeri dan Menlu serahkan kepada keluarga," pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI