Berkunjung ke Korut, Dino Patti Djalal Membahas Apa?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI, Dino Patti Djalal, akan memimpin sejumlah delegasi akademisi dari Asia – Pasifik untuk berkunjung ke Korea Utara dan berdialog dengan pejabat tinggi negara tersebut pada 3 – 7 April 2018.

Dino, dalam kapasitasnya sebagai pendiri firma think-tank Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), akan memimpin delegasi akademisi dari Kamboja, Indonesia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Selandia Baru. Mereka akan menyambangi ibu kota sekaligus pusat pemerintahan Korea Utara, Pyongyang, dan Panmunjeom.

Di Pyongyang, para delegasi yang dipimpin Dino akan berdialog dengan Wakil Presiden Presidium Majelis Tinggi Rakyat Korea Utara, Yang Hyong-sop dan Wakil Menteri Luar Negeri, Choe Hul-chol.

Para delegasi juga akan berdialog dengan akademisi dari Korea-Asia Association Kim Il-sung University. Dino pun akan berpidato di lembaga pendidikan tinggi itu.

"Dialog nanti akan membahas dan saling berbagi pandangan tentang isu-isu terkini di kawasan. Para delegasi juga akan berbagi tentang strategi pembangunan di negara masing-masing kepada para pejabat Korea Utara," kata Dino Patti Djalal, Kamis (29/3/2018) dalam keterangannya.

Selain Pyongyang, para delegasi juga akan menyambangi Panmunjeom — kawasan zona demiliterisasi (DMZ) Korea Utara – Korea Selatan, serta menjadi markas pasukan militer penjaga garis demarkasi kedua negara atau Joint Security Area (JSA).(*)

BERITA REKOMENDASI