Berlian Terbesar Kedua di Dunia Terjual Rp711 M

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Sebongkah berlian permata yang dinyatakan sebagai yang terbesar kedua di dunia, baru saja terjual kepada seorang pengoleksi bernama Laurence Graff. Harga jual bongkahan permata tersebut mencapai 39,5 juta poundsterling Inggris (setara Rp711 miliar).

Pemilik Graff Diamonds itu berhasil membeli bongkahan permata tersebut secara rahasia. Batu berlian itu sebenarnya sudah terjual lewat lelang, tetapi sang pemenang gagal memenuhi nilai penawaran yang diajukannya sendiri. Batu berlian 1.111 karat itu ditemukan oleh perusahaan penambangan asal Kanada, Lucara Diamond Corp, di Botswana pada 2015.

Lucara mengatakan, harga jual batu permata berwarna pink itu meningkat dari penawaran termahal di rumah lelang Sotheby pada Juni 2016. Berlian tersebut diberi nama ‘Lesedi La Rona’ atau berarti cahaya kami dalam bahasa lokal Botswana.

Batu itu diperkirakan pertama kali terbentuk antara 2,5-3 miliar tahun lalu dan berukuran sebesar bola tenis. Institut Gemologi Amerika Serikat melabeli permata itu memiliki kualitas dan transparansi yang eksepsional.

“Batu itu akan memberi tahu kita mengenai kisahnya. Dia akan mendikte betapa sangat inginnya dipotong,” ujar Laurence Graff.

Graff Diamonds mengungkapkan, pihaknya akan memindai inti batu tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan peralatan 3 dimensi (3D) paling canggih. Dari situ, mereka akan memutuskan bagaimana caranya agar batu permata itu akan dipoles.

Kemudian, sebuah tim ahli akan memeriksa batu permata itu dengan menggunakan mikroskop untuk mengambil dan mengarahkan inklusi lebih jauh. Setelahnya, tim ahli akan menemukan cara memotong berlian dan jadi berapa banyak potongan kecil bisa didapat dari bongkahan tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI