Biden Jatuhkan Sanksi untuk Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pemerintah Presiden Amerika Serikat Joe Biden menjatuhkan sanksi pertamanya terhadap Iran. Sanksi dijatuhkan kepada dua pejabat tinggi Teheran atas tuduhan pelecehan terhadap tahanan politik. Langkah ini diambil sebagai penegasan bahwa hak asasi manusia akan menjadi prioritas.

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan dua pejabat itu, Ali Hemmatian dan Masoud Safdari, yang tergabung dalam Korps Garda Revolusi Iran terlibat dalam penyiksaan atau perlakuan tidak manusiawi lainnya terhadap tahanan politik selama aksi protes 2019-2020.

“Kami akan terus mempertimbangkan semua alat yang tepat untuk membebankan tanggung jawab kepada mereka atas pelanggaran hak asasi manusia di Iran,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Meski Biden mendukung kembalinya diplomasi dengan Iran namun ia tetap bersikeras bahwa AS akan menjadikan HAM sebagai prioritas, termasuk dengan para sekutu AS seperti Arab Saudi.

Berbeda dengan hukuman besar-besaran terhadap ekonomi Iran saat Donald Trump memimpin, sanksi tersebut tergolong kecil, yakni larangan pejabat tersebut beserta keluarga untuk mengunjungi Amerika Serikat. Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menuntut pemerintah Iran memperlakukan rakyatnya dengan hormat dan bermartabat. (*)

BERITA REKOMENDASI