Biden Komitmen Tangani Perubahan Iklim

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyerukan pendanaan vaksin Covid-19 hingga komitmennya pada penanganan perubahan iklim global saat menjalani debut dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) kelompok negara G7.

Gedung Putih, dalam pernyataannya, dikutip dari AFP, mengatakan Joe Biden akan menjanjikan bantuan senilai US$4 miliar (4,6 miliar Euro) bagi program Covax PBB untuk membeli vaksin yang akan didistribusikan secara global. Sementara, Uni Eropa akan menggandakan pendanaan Covax menjadi 1 miliar Euro.

Sejak resmi menjabat sebagai Presiden AS bulan lalu, Biden menegaskan kembali komitmen AS kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan penanganan pemanasan global. Pertemuan G7, Jumat (12), menandai masuknya kembali secara resmi ke kesepakatan iklim Paris.

“Presiden Biden juga akan membahas kebutuhan untuk melakukan investasi untuk memperkuat daya saing kolektif kami dan pentingnya memperbarui aturan global untuk mengatasi tantangan ekonomi seperti yang ditimbulkan oleh China,” kata Gedung Putih.

Dalam KTT G7 itu, Biden juga disebut akan mempromosikan langkah yang kuat untuk mengatasi krisis iklim global, di saat Inggris bersiap menjadi tuan rumah KTT iklim PBB berikutnya, COP26, di kota Glasgow, Skotlandia, November. (*)

BERITA REKOMENDASI