Biden Makin Optimis Sebagai Pemenang Pilpres AS

WILMINGTON, KRJOGJA.com – Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden pada Kamis (5/11/2020) mengatakan dia yakin akan menang dalam pemilihan presiden (Pilpres AS) dan mengalahkan Petahana Donald Trump. Meski begitu, dia meminta semua orang untuk tenang saat suara dihitung.

“Kami yakin setelah penghitungan selesai, saya dan Senator Harris akan dinyatakan sebagai pemenang. Jadi, saya meminta semua orang untuk tetap tenang. …Prosesnya sedang berjalan,” kata Biden kepada wartawan sebagaimana dilansir Reuters. Dia mengacu pada pasangannya Senator Kamala Harris.

Biden saat ini hanya membutuhkan 17 suara elektoral untuk mencapai batas 270 yang dibutuhkan untuk menang. Dia saat ini unggul di negara bagian penting Arizona serta memperkecil ketinggalan di Pennsylvania dan Georgia.

Pengitungan suara masih berlangsung di enam negara bagian termasuk ketiga negara bagian tersebut.

Sementara itu Trump yang saat ini tertinggal cukup jauh dengan mengantongi 214 suara elektoral, menurut penghitungan VOA, menuding ada kecurangan dan penipuan dalam Pilpres. Dia mengklaim “menang dengan mudah” dalam penghitungan suara yang sah.

BERITA REKOMENDASI