Biden Peringatkan China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Baru sepekan menjabat, Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mengirimkan peringatan tegas ke China atas ekspansi di Asia Timur dan Tenggara. Dalam sejumlah pernyataan, Biden menegaskan dukungan AS untuk para sekutu, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. Dan itu menandakan penolakan Washington atas klaim teritorial China yang disengketakan di wilayah-wilayah tersebut.

Biden menyatakan komitmennya membela Jepang kepada Perdana Menteri Yoshihide Suga. Dukungan itu termasuk untuk Kepulauan Senkaku, yang diklaim oleh Jepang dan China. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin juga telah berbicara dengan Menhan Jepang Nobuo Kishi bahwa pulau-pulau yang diperebutkan itu ada di bawah Perjanjian Keamanan AS-Jepang.

“Amerika Serikat tetap menentang setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo di Laut China Timur,” kata pernyataan Pentagon.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price sebelumnya telah memperingatkan China atas tekanan terhadap Taiwan. Peringatan itu itu diserukan setelah berulang kali Tiongkok mengirim belasan lebih pesawat militer dan pembom memasuki zona pertahanan udara pulau itu.

“Kami akan berdiri bersama teman dan sekutu untuk memajukan keamanan dan nilai-nilai kemakmuran bersama di kawasan Indo-Pasifik, termasuk memperdalam hubungan kami dengan Partai Demokrat Taiwan,” kata Price dalam sebuah pernyataan. “Komitmen kami untuk Taiwan sangat kuat.”

Komentar tersebut untuk menekankan bahwa pemerintahan Biden yang baru tidak akan menyimpang dari sikap tegas AS terhadap China yang diwarisi mantan presiden Donald Trump. (*)

BERITA REKOMENDASI