Biden Perintahkan Militer Amerika Gempur Suriah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Militer Amerika Serikat melancarkan serangan udara ke kelompok milisi yang didukung Iran di Suriah. Pentagon mengatakan serangan ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joe Biden.

“Atas arahan Presiden Biden, pasukan militer AS melakukan serangan udara terhadap infrastruktur yang digunakan oleh kelompok militan yang didukung Iran di Suriah timur,” kata juru bicara Pentagon John Kirby.

Menurut dia, serangan ini merupakan respons atas serangan roket yang menghantam pangkalan militer AS di Irak beberapa pekan lalu. “Serangan ini sebagai tanggapan atas serangan baru-baru ini terhadap personel Amerika dan Koalisi di Irak, dan ancaman yang sedang berlangsung terhadap para personel itu,” katanya.

Ini merupakan serangan pertama AS semenjak dipimpin Biden pada 20 Januari lalu. Keputusan Biden untuk menyerang Suriah, bukan Irak, setidaknya untuk saat ini, dinilai untuk memberi ruang bagi pemerintah Irak melakukan penyelidikan atas serangan yang terjadi pada 15 Februari lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI