Bikin Ketagihan, Warung ini Campurkan Mie dengan Morfin

NANNING, KRJOGJA.com – Alih-alih meningkatkan cita rasa hidangannya, seorang pemilik restoran di Provinsi Guangxi, China justru membubuhkan sajian mi-nya dengan narkotika jenis morfin agar para pelanggannya ketagihan dan kembali untuk makan di restorannya.

Diwartakan Oddity Central, trik kotor pemilik restoran itu terbongkar secara tidak sengaja, setelah seseorang yang makan di restoran di daerah otonomi Kabupaten Sanjiang Dong itu dinyatakan positif menggunakan morfin, komponen aktif dalam opium, selama inspeksi polisi. Pria yang kaget itu bersikeras bahwa dia tidak rela mengonsumsi obat-obatan, dan mengatakan kepada penyelidik bahwa satu-satunya hal yang dia telan bahwa dia tidak bisa menjaminnya adalah semangkuk restoran setempat.

Karena itulah polisi akhirnya melakukan inspeksi mendadak ke restoran mi tersebut, di mana mereka mengambil sebungkus bubuk siput yang dites positif mengandung morfin.

Setelah mendapatkan temuan awal, polisi menyerahkan kasus tersebut ke Administrasi Kabupaten Sanjiang untuk Pengawasan Pasar, yang kemudian mengunjungi restoran mi itu lagi dan menemukan 76 gram bubuk biji opium. Pemilik restoran bermarga Yang itu ditangkap dan mengaku telah menggunakan bubuk itu sebagai bahan rahasia untuk membuat pelanggan kecanduan dan kembali untuk mendapatkan lebih banyak.

Ditanya bagaimana dia mendapatkan bubuk biji opium, Yang mengatakan kepada polisi bahwa dia telah menggunakan sekam bunga poppy yang dia tanam sendiri beberapa tahun sebelumnya. Kasus ini masih dalam penyelidikan.

Menariknya, praktik membubuhi mi dengan opium untuk membuat orang kecanduan dan meningkatkan bisnis bukanlah hal baru di China. Salah satu kasus yang dilaporkan pertama kali terjadi pada 2014, ketika seorang pemilik restoran di Yan'an, Provinsi Shaanxi, mengakui membubuhi mi-nya dengan opium. Seperti juga kasus terbaru itu, kasus sebelumnya juga terungkap setelah salah satu konsumennya diuji positif mengonsumsi morfin. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI