Bikin Vaksin Virus Korona, Jack Ma Sumbangkan Rp191 Miliar

Penyebaran virus korona Wuhan, yang kasusnya pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah menjadi momok yang menghantui masyarakat dunia saat ini.

Bukan hanya karena penyebarannya yang semakin luas melintasi berbagai negara di banyak benua. Tapi juga hingga saat ini, para ilmuwan diketahui belum menemukan vaksin atas virus korona Wuhan ini.

Sejauh ini, seperti yang dilaporkan BBC, yang mana tingkat kematian karena korona virus China ini sudah mencapai angka 170 dengan kasus yang sudah terkonfirmasi sebanyak 7700 kasus.

Namun di tengah situasi menegangkan ini, ada secercah kabar bahagia seputar virus korona Wuhan. Pria terkaya di China yang mana adalah pendiri perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma telah mendonasikan lebih dari USD14juta atau kurang lebih Rp191 miliar!

Dana fantastis, ratusan miliar yang didonasikan oleh Jack Ma melalui yayasan amalnya tersebut disebutkan untuk membantu para ilmuwan untuk mengembangkan vaksin korona Wuhan, seperti dikutip Vt, Jumat (31/1/2020).

Donasi belasan juta dollar Amerika yang diberikan oleh Jack Ma, sebesar 40 persen atau kurang lebih setara dengan USD5,8juta akan diberikan kepada Chinese Academy of Sciences and Chinese Academy of Engineering untuk membiayai pekerjaan penelitian seputar vaksin virus korona Wuhan. Sedangkan sisanya akan digunakan untuk menyokong para staf di berbagai institusi di penjuru negeri.

Tidak hanya donasi berupa materi, perusahaan Jack Ma juga menawarkan AI intelligence gratis agar bisa membantu banyak tim peneliti yang tengah berusaha untuk mengontrol penyebaran penyakit.

“Jack Ma Foundation akan memaksimalkan kemampuan kami agar bisa memberikan bantuan lebih kepada pemerintah dan pertumbuhan perkembangan sains medis,” bunyi pernyataan yang diunggah di sosial media China, Weibo.

Tidak hanya itu, Alibaba, perusahaan e-commerce milik Jack Ma melalui pernyataan resmi yang dirilis pada Minggu lalu akan mendonasikan USD144juta untuk memastikan rumah-rumah sakit di Wuhan dan Provinsi Hubei, mempunyai segala suplai kebutuhan yang dibutuhkan.

Selain Jack Ma, para miliader China lainnya juga telah memberikan donasi sebagai bentuk bantuan untuk menanggulangi virus korona Wuhan.

Sebut saja seperti Pony Ma, pemilik perusahaan Tencent yang telah menyumbang USD 43juta, lalu Robin Li dari Baidu yang juga menyumbang sebanyak USD43 juta, Xu Jiayin dari Evergrande Group yang telah menyumbang USD28 juta hingga Ren Zhengfei dari Huawei yang telah memberikan donasi sebesar USD4,3 juta.

 

BERITA REKOMENDASI